Thursday, March 8, 2007

Placement Test # Beijing - China

Sebenarnya, saya tidak begitu ingat kapan placement test ini diadakan. Mungkin kira-kira 1 minggu setelah registrasi ya, saya lupa. Waktu registrasi, kita akan diuji apakah kita bisa ngomong bahasa Chinese atau tidak. Dan nanti guru-guru disana yang akan memutuskan apakah kita harus ikut Placement Test atau tidak.

Placement Test bahasa Chinese ini sama seperti tes bahasa Inggris pada umumnya. Ada Listening, Grammar, Ready dan Essay.

Awalnya tes yang diajukan adalah Mendengar atau Tingli, lalu Grammar kemudian Membaca. Semuanya adalah pilihan ganda. Dan pada sesi terakhir, kita disuruh membuat sebuah karangan berdasarkan salah satu topik yang ditawarkan dalam bahasa China.

Tidak semua murid ajaran baru membutuhkan placement test. Ketika kita melakukan registrasi ulang, mereka akan mewawancarai kita dengan bahasa Mandarin. Dan bila kita bisa menjawab dengan bahasa Mandarin, mereka akan menyuruh kita membaca buku bacaan mandarin level awal. Dan bila kita bisa membacanya, maka mereka akan menyuruh kita mengikuti placement test.

Saya merasa saya sudah melakukan yang terbaik. Tapi saya tidak terlalu peduli, karena tujuan saya ke Beijing adalah untuk belajar bahasa Mandarin. Jadi dimanapun nantinya mereka menempatkan saya, semua tidak masalah.

Setelah semua melakukan tes, kami bersama-sama pergi shopping.

No comments:

Post a Comment